Wednesday, March 25, 2015

#ERPT02_1 Review Blog




Assalamualaikum…
Pada postingan kali ini saya akan mencoba review blog  http://ehsan-uperp20132.blogspot.com/
dari mahasiswa ERP UP  – thn 2014-2015

Tugas 1_ Mata Kuliah Enterprise Resource Planning
Pada tugas pertama adalah menjelaskan tentang deskripsi ERP serta beberapa keuntungan penggunaan ERP, dan juga dijelaskan system integrasi dari  penggabungan berbagai kebutuhan pada satu software dalam satu logical database, sehingga memudahkan semua departemen untuk berbagi informasi dan komunikasi.  
Serta membuat ringkasan blog tentang “JOBDESK DAN BUSINESS PROCESS NON MATERIAL WAREHOUSE STAFF” yang berisi tentang : penjelasan tentang  jobdesk, bisnis process, HRD, General Affair, Non Material warehouse staff, serta beberapa tugas pokok dan tanggung jawabnya.

Tugas 2_ Mengunduh Bahan-Bahan Kuliah Dari Blog Yang Telah Ditentukan
Penulis hanya menyampaikan di tugas yang ke_2 adalah mengunduh materi kuliah ERP dari blog yang telah ditentukan

Tugas _ 3  Membuat Blog Untuk Mempublikasikan Tugas-tugas
Berisi tentang informasi pembuatan blog untuk menyimpan dan share tentang tugas-tugas kuliah ERP

Tugas _ 4  Membuat Siklus Akutansi
Berisi tentang siklus akutansi yang terdiri dari 2 macam jenis buku yaitu lembar kerja buku besar  yang berisi tentang laporan tahunan jurnal penyesuaian, laba rugi, perubahan modal, arus kas, neraca dan jurnal penutup. Sedangkan  lembar kerja buku jurnal  berisi tentang arus kas dari perusahaan.

Tugas _ 5  Membuat Bisnis Industri Pendidikan
Berisi tentang tugas untuk membuat Industri Bisnis dengan tema Industri Pendidikan. Bisnis yang dibuat adalah tentang bimbel yang bernama Star Education Center dan berlokasi di jln. Akses UI, Depok, lengkap dengan visi misi, struktur organisasi, proses pemasaran, proses operasi/produksi, kepegawaian, serta laporan keuangan perusahaan.



Tugas _ 6  Menginstal Open ERP
Sebelumnya dijelaskan tentang sejarah perkembangan OpenErp dan penerapanannya di perusahaan. Dilanjutkan dengan tahapan-tahapan untuk melakukan install OpenERP yang meliputi proses download software hingga proses pembuatan akun.
Tugas _ 7  Membuat chart of accounts
Berisi tentang lanjutan tugas_6 yaitu :
·         Melakukan langkah pengsisian modul HR Managemen pada OpenERP, meliputi pengisian Company Name, Employees, departemen, dan job position

·         Melakukan langkah pengsisian Chart of accounts pada OpenERP


·         Melakukan langkah pengsisian Sales management (Product) pada OpenERP



·         Langkah-langkah dalam pembuatan CoA, Sales Product dan HR Management, meliputi proses memilih company untuk perusahaan baru hingga memasukan nama pruduk, katagori beserta harga tiap produk yang dibuat.



Tugas _ 8  Membuat transaksi pembelian dan penjualan (Purchase Order, Sales Order, Quotation.
Menjelaskan tentang langkah- langkah yang dilakukan untuk membuat purchase order, step-stepnya dijelaskan secara detail  disertai dengan gambar-gambar sehingga memudahkan pembaca untuk  memahami proses tersebut. Berikut adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat purchase order :
1.      Buka OpenERP lalu pilih modul/menu purchase, kemudian pilih suppliers dan create daftar supplier yang ingin kita masukkan
2.      Masukkan data-data supplier yang ada
3.      Setelah semua data supplier kita masukkan, kita masuk ke menu sales-customers
4.      Masukkan data-data customer dengan cara menekan tombol create - masukkan data – save
5.  Setelah semua data customer telah kita masukkan, pilih menu purchase - purchase orders -create(request for quotation) dan masukkan data-data (items untuk tiap supplier)
6.      Selesai memasukkan data, pilih save maka akan muncul tampilan sebagai berikut
7.      Masuk ke menu sales-sales orders-create
8.      Masukkan data-data yang diperlukan dalam membuat quotation kemudian save jika sudah selesai
9.      Pilih menu purchase - quotations – pilih PO yang ingin kita proses
10.  Setelah dipilih PO yang ingin kita proses maka pilih confirm order – receive products – receive
11.  Kemudian pilih purchase orders – receive invoice – validate- pay invoice
12.  Kemudian setelah semua PO selesai divalidasi, pilih menu sales – quotations – quotation number yang kita ingin proses – confirm order – view delivery order – check availability - deliver

No comments:

Post a Comment